Hosting Murah
Hosting Murah

VinFast VF5, Pilihan Terbaru Mobil Listrik Terjangkau dari Vietnam

Vinfast VF 5

Pabrikan otomotif asal Vietnam, VinFast, sedang dalam rencana untuk beroperasi di Indonesia dengan membawa salah satu mobil andalannya, VF5. VF5 adalah mobil listrik termurah dari VinFast yang diperkenalkan kepada publik pada tahun 2022. Pada saat itu, VinFast mengadakan seremoni peluncurannya di Consumer Electronic Show (CES) di Las Vegas, Amerika Serikat (AS). VinFast telah memilih AS sebagai salah satu tujuan pemasaran mobil-mobil mereka. Meskipun model VF5 tidak dapat ditemukan di situs web VinFast AS, mobil ini sudah mulai dijual di Vietnam sejak April 2023.

VinFast Vietnam memiliki satu pilihan varian untuk VF5, dengan dua harga yang berbeda. Varian tersebut termasuk opsi dengan atau tanpa sewa baterai. VinFast dikenal sebagai pabrikan mobil listrik yang menerapkan sistem sewa baterai, yang telah menuai pro dan kontra di AS. Namun, keuntungan dari sistem sewa ini adalah konsumen dapat mengganti baterai mobil mereka secara gratis jika baterai mengalami penurunan performa. Harga VF5 di Vietnam adalah sekitar 468 juta dong (sekitar Rp300 juta) untuk varian tanpa baterai dan 548 juta dong (sekitar Rp352,4 juta) untuk varian dengan baterai. Harga tersebut belum termasuk biaya pengecasan.

VF5 adalah mobil Sport Utility Vehicle (SUV) segmen A dengan dimensi bodi yang relatif kecil. Mobil ini memiliki panjang bodi kurang dari 4 meter. Desain eksterior mobil ini terlihat simpel, dengan logo “V” di bagian depan gril dan lampu depan yang kemungkinan masih menggunakan lampu halogen.

Interior VF5 memiliki desain yang berani, dengan head unit berukuran delapan inci dan panel instrumen berukuran tujuh inci. Setir mobil ini memiliki desain flat bottom, sementara konsol tengahnya dilengkapi dengan knob selector transmisi dan rem tangan. Desain dasbornya didominasi oleh warna hitam dengan aksen silver di beberapa bagian. Mobil ini memiliki konfigurasi bangku 5-seater.

Mobil ini memiliki baterai dengan kapasitas 37,23 kWh dan jarak tempuh sekitar 326,4 km berdasarkan tes NEDC. Baterai ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk pengecasan dari level 10 persen hingga 70 persen. VF5 dilengkapi dengan satu buah motor dengan kekuatan maksimum 100 kW atau setara dengan 134 hp. Mobil ini dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 10,9 detik.

Dalam hal keselamatan, VF5 dilengkapi dengan fitur-fitur modern seperti ABS, EBD, BA, TCS, HSA, ESS, dan enam buah airbag. Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur ADAS seperti basic cruise monitoring, rear traffic warning, blind spot warning, rear parking assist, dan emergency brake assist. VinFast juga membekalinya dengan fitur-fitur cerdas seperti smart car control, remote vehicle location, dan virtual assistant.

Kehadiran VF5 akan menambah pilihan mobil listrik di Indonesia. Meskipun persaingannya tidak akan mudah mengingat merek-merek China telah lebih dulu masuk. Belum diketahui apakah VinFast akan menerapkan sistem sewa baterai di Indonesia. VinFast diperkirakan akan memperkenalkan produknya di Indonesia pada Februari 2024 melalui Indonesia International Motor Show (IIMS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *