Hosting Murah
Hosting Murah

Sejarah dan Spesifikasi Toyota MR2: Mobil Sport Mungil yang Menjadi Collector Item

spesifikasi toyota mr2

Nama Toyota MR2 memang sangat disukai oleh para penggemar mobil karena spesifikasinya yang luar biasa. Meskipun ukurannya kecil, Toyota MR2 memiliki kapasitas mesin, konfigurasi jok, letak mesin, dan sejarah yang menarik untuk diulas. Mobil ini bahkan di Indonesia dianggap sebagai barang koleksi.

Toyota MR2 memiliki 3 generasi yang berbeda. Generasi pertama, W10, diproduksi dari tahun 1984 hingga 1989. Generasi kedua, W20, diproduksi dari tahun 1989 hingga 1999. Sedangkan generasi terakhir, W30, diproduksi dari tahun 1999 hingga 2007 dan di luar Jepang dikenal dengan nama MR2 Spyder atau Toyota MR2 Roadster.

Nama MR2 sendiri memiliki beberapa makna, seperti Midship Runabout 2-seater atau Mid-engine Rear wheel drive 2-seater. Toyota sudah merencanakan pembuatan MR2 sejak tahun 1976 dengan proyek yang dipimpin oleh Akio Yoshida. Toyota ingin menciptakan mobil kecil, ekonomis, dan sporty untuk pasar global.

Spesifikasi mesin Toyota MR2 dari generasi pertama hingga terakhir berbeda-beda. Generasi pertama menggunakan mesin 4A-GE 1.587 cc dengan tenaga 122 hp. Generasi kedua menggunakan mesin 1.998 cc dengan tenaga 154 hp. Sedangkan generasi ketiga menggunakan mesin 1.794 cc dengan tenaga 138 hp.

Toyota MR2 juga memiliki spesifikasi kaki-kaki yang luar biasa, dengan kontribusi dari Lotus dalam pengembangannya. Roger Becker dari Lotus diklaim sebagai otak di balik kaki-kaki yang sempurna dari MR2. Kaki-kaki Toyota MR2 generasi terakhir memiliki suspensi depan independen dan belakang independen dengan double wishbone.

Informasi mengenai spesifikasi Toyota MR2 di atas diharapkan dapat menambah pengetahuan Anda tentang mobil ini. Di Indonesia, Toyota MR2 jarang ditemui dan kebanyakan pemiliknya hanya menggunakan mobil ini sesekali di akhir pekan atau saat acara kontes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *