Hosting Murah
Hosting Murah

Perbandingan Toyota Corolla dan Honda City: Mengulas 2 Sedan Terkemuka dari Jepang

Perbandingan Toyota Corolla dengan Honda City

Perbandingan Toyota Corolla dengan Honda City menarik untuk dikupas. Keduanya hadir mengisi segmen sedan yang sebenarnya tidak terlalu gemuk di pasar otomotif Tanah Air, tapi memiliki konsumen loyal. Pada saat ini pangsa pasar sedan sendiri hanya sekitar 1 persen. Tapi jumlah tersebut diharapkan meningkat seiring skema baru Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) yang dihitung berdasarkan emisi gas buang per 16 Oktober 2021 silam. Kebijakan tersebut menghapus hal yang selama ini dianggap “diskriminasi” terhadap mobil sedan. Di lain sisi para pabrikan menunjukkan sikap optimis yang tercermin dari peluncuran produk-produk baru pada segmen ini sejak akhir tahun lalu.

PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan All New Honda City pada 28 Oktober 2021. Pada momen bersamaan HPM juga memperkenalkan Honda All New Civic untuk konsumennya di Indonesia. PT Toyota Astra Motor (TAM) mengambil langkah yang sama pada 8 Februari 2022 dengan merilis Toyota New Corolla Altis.

Di antara produk-produk baru yang telah disebutkan, Toyota Corolla Altis dan Honda City dapat menjadi pilihan tersendiri bagi konsumen yang mencari sedan dengan harga di bawah Rp500 jutaan. Terdapat beberapa aspek yang dapat dipertimbangkan, seperti harga, eksterior, interior, mesin, hingga fitur-fiturnya.

Harga dan Varian
Honda tampak “minimalis” dalam menyediakan varian mobil-mobil sedannya saat ini. Setiap model hanya memiliki satu varian dan hal tersebut juga berlaku untuk Honda City. Konsumen hanya dihadapkan pada varian All New Honda City dengan transmisi CVT. Mengacu pada informasi pada situs web HPM, varian ini ditawarkan dengan harga Rp399,9 juta. Harga berlaku on the road DKI Jakarta untuk kepemilikan mobil tangan pertama. Harga tersebut akan terlihat cukup menarik jika dibandingkan dengan banderol Toyota Corolla Altis yang dipatok sebesar Rp566,7 juta. Terdapat selisih Rp160 jutaan yang secara sekilas akan membuat calon konsumen dapat menentukan pilihan dengan mudah. Tapi apa benar sesederhana itu?

Untuk diketahui, sebenarnya Toyota New Corolla Altis juga memiliki varian hybrid yang dipasarkan dengan harga Rp620,1 juta. Tapi ulasan kali ini akan fokus pada varian yang menggunakan mesin pembakaran internal.

Eksterior
Jika dilihat dengan mata langsung maka bodi Toyota Corolla Altis akan tampak lebih panjang sekaligus lebar dibandingkan Honda City. Hal tersebut terbukti di atas kertas. Toyota Corolla Altis memiliki dimensi (PxLxT) 4.630 mm x 1.780 mm x 1.435 mm. Sedangkan Honda City memiliki dimensi (PxLxT) 4.553 mm x 1.748 mm x 1.467 mm.

Terlihat Honda City hanya unggul pada sisi tinggi bodi kendaraan. Semestinya hal ini dapat membuat mobil tersebut memiliki ruang lebih lega di bagian atasnya. Kemudian untuk wheelbase, Honda City kembali harus mengakui keunggulan Toyota Corolla Altis yang memiliki jarak antar sumbu roda 2.700 mm. Sementara wheelbase produk Honda tersebut 2.600 mm. Dengan harga lebih mahal, konsumen juga akan mendapat sektor kaki-kaki yang lebih mantap pada Toyota Corolla Altis. Mobil ini menggunakan pelek 17 inci dilengkapi rem cakram baik untuk roda depan maupun belakang. Sementara itu Honda City menggunakan pelek 16 inci. Roda depan sudah menggunakan rem cakram tapi untuk roda belakang berupa tromol.

Interior
Pada bagian ini Toyota Corolla Altis kembali membuktikkan keunggulannya sebagai mobil yang lebih mahal. Contohnya tercermin dari penggunaan rem parkir elektris lengkap dengan fitur brake hold. Kemudian AC yang digunakannya juga sudah model dual zone. Kesan modern juga langsung terasa ketika melihat panel instrumen klusternya yang berwarna. Ditambah lagi dengan adanya head up display. Bisa dibilang pada bagian ini Toyota Corolla Altis unggul telak dibandingkan Honda City. Belum lagi kalau melihat bahan pembukus jok yang sudah menggunakan kulit. Material-material dasbor dan pintu bagian dalamnya juga memuaskan.

Lantas apa yang dimiliki interior Honda City? Konsumen akan menjumpai paddle shift, cruise control, jok berbahan fabric, tombol engine start stop, dan AC auto digital. Secara garis besar hal-hal yang tersaji pada interior mobil ini tak jauh berbeda dengan yang bisa ditemui pada Honda City Hatchback RS. Tapi bedanya interior versi sedan lebih terkesan elegan, bukan sporty. Hal ini terlihat dari absennya aksen-aksen kontras yang bisa dijumpai pada Honda City Hatchback RS. Selain itu jangan harap juga mendapatkan pengaturan jok Ultra Seat karena versi sedan tidak memilikinya.

Spesifikasi Mesin
Toyota Corolla Altis menggendong mesin cukup besar dengan kapasitas 1.798 cc yang bisa menghasilkan tenaga tertinggi 138 hp dan torsi puncak 171,6 Nm. Kemudian Honda City menggunakan mesin berkapasitas 1.498 cc yang bisa menghasilkan tenaga tertinggi 119,3 hp dan torsi maksimum 145 Nm. Kedua mobil sama-sama menggunakan mesin dengan konfigurasi 4-silinder segaris dan transmisi CVT.

Fitur
Walaupun Honda City tampak inferior di berbagai aspek, tapi ada satu fitur yang membuat mobil ini cukup menarik, yaitu remote engine start. Mobil ini juga sudah dilengkapi multi rearview camera dengan tiga mode. Sementara untuk menunjang keselamatan terdapat fitur airbag 6 buah, Hill Start Assist (HSA), dan Vehicle Stability Control (VSC). Toyota Corolla Altis juga memiliki HSA dan VSC. Tapi yang spesial terdapat di mobil ini ialah fitur Blind Spot Monitoring (BSM). Sementara itu fitur pengereman ABS, BA dan EBD sudah menjadi standar pada kedua mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *