Hosting Murah
Hosting Murah

Kelebihan Suzuki Jimny 5 Pintu untuk Off-Roading yang Menjadikan Pengalaman Mengemudi Lebih Nyaman

Test Drive Suzuki Jimny 5 Door

Spesifikasi Suzuki Jimny 5 Pintu

Spesifikasi Suzuki Jimny 5 Door atau 5 pintu yang terhitung baru meluncur di Indonesia menarik untuk dikupas. Mobil ini telah resmi meluncur sebagai pilihan bagi konsumen yang doyan offroad, tapi tetap mencari kenyamanan dan kepraktisan. (Foto: Suzuki)

Sejarah Singkat Suzuki Jimny di Indonesia

Siapa tak kenal dengan Jimny? Mobil ini memiliki sejarah panjang sebagai salah satu Sport Utility Vehicle (SUV) kompak yang memiliki kemampuan off road cukup baik. Perjalanan Jimny di Indonesia dimulai sejak era 1970-an ketika Suzuki menghadirkan generasi pertamanya, yaitu seri LJ80. Hebatnya Suzuki pada saat itu sudah merakit mobil secara lokal tepatnya di pabrik mereka yang berada di Cakung, Jakarta Timur. Perjalanan Jimny kemudian dilanjutkan generasi kedua yang dipasarkan selama 1982–2007. Pada generasi ini lahir model-model legendaris, seperti Jimny Super, Jimny Sierra, hingga Jimny Carribian. Bahkan, model versi 4×2 Katana juga lahir di dalam periode waktu ini. Selanjutnya Jimny generasi ketiga resmi hadir di Indonesia pada 2017 dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Model yang disebut sebagai Jimny Wide ini hanya hadir dalam jumlah 88 unit. Sedangkan Jimny generasi keempat menyapa konsumen pada GIIAS 2018. Model generasi keempat itu sendiri mendapatkan perubahan eksterior yang signifikan. Sedangkan fitur unggulannya bernama AllGrip Pro sebagai sistem penggerak empat rodanya.

Spesifikasi Suzuki Jimny 5 Pintu, Hadir Sebagai Bagian Generasi Ke-4 (Foto: Suzuki)

Pada awalnya Jimny generasi keempat hanya tersedia dalam pilihan 3 pintu saja. Namun, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi menjual model 5 pintu pada Februari 2024 dalam Indonesia International Motor Show (IIMS). Hal ini menyusul peluncurannya di India yang sudah dilakukan lebih dulu yaitu pada Januari 2023. Dalam hal spesifikasi mesin, baik model 3 pintu atau 5 pintu masih menggunakan sumber tenaga yang sama. Jimny 5 Pintu menggendong mesin K15B yang memiliki kapasitas 1.500 cc.

Spesifikasi Eksterior Suzuki Jimny 5 Pintu

Walau pakai mesin yang sama, tapi sudah jelas Jimny 5 Pintu memiliki perbedaan di bagian eksterior. Utamanya terdapat tambahan sepasang pintu belakang yang menambah kepraktisan akses bangku baris kedua. Hal ini dibarengi bertambahnya dimensi bodi menjadi hampir menyentuh angka 4 meter. Walau begitu desain Jimny 5 Pintu tampaknya masih berusaha mempertahankan wheelbase yang ringkas agar tak terlalu banyak mengubah karakteristik mobil offroad yang lincah. Untuk diketahui, Jimny itu sendiri menggunakan sasis model ladder frame. Kaki-kakinya didukung penggunaan suspensi 3-link rigid axle untuk roda depan dan belakang. Adapun ukuran roda yang digunakannya ialah 15 inci.

  • P x L x T 3.965 mm x 1.645 mm x 1.720 mm
  • Wheelbase 2.590 mm
  • Ukuran Ban 195/80 R15
  • Ground Clearance 210 mm
  • Suspensi 3-Link Rigid Axle with Coil Spring

Spesifikasi Interior Suzuki Jimny 5 Pintu

Jimny 5 Pintu tetap memiliki kapasitas kabin 5 seater terlepas dari bertambah panjangnya dimensi bodi mobil ini. Begitu masuk ke dalam kabinnya maka konsumen akan disuguhkan dengan head unit berukuran 9 inci. Hal ini menjadi salah satu ciri pembeda interiornya dibandingkan Jimny 3 Pintu yang menggunakan head unit 6,8 inci. Interior di dalam kabin Jimny 5 Pintu masih didominasi penggunaan warna gelap. Jok belakangnya bisa dilipat ke arah depan untuk menghasilkan ruang bagasi yang lebih luas walau belum rata lantai. Sedangkan untuk urusan keselamatan Jimny 5 Pintu mendapat peningkatan berupa enam buah airbag untuk melindungi pengendara dan penumpang. Beda ceritanya dengan Jimny 3 Pintu yang hanya memiliki dual SRS airbag.

Spesifikasi Mesin Suzuki Jimny 5 Pintu

Jimny bukan hanya menawarkan kemampuan off road yang baik, tapi juga efisiensi bahan bakar irit. Mobil ini menggunakan mesin K15B berkapasitas 1.500 cc yang sudah dikenal irit bahan bakar. Mesin tersebut diketahui bisa menghasilkan tenaga tertinggi 100,5 hp dan torsi puncak 130 Nm. Konsumen akan disuguhkan dengan dua pilihan transmisi pada mobil ini, yaitu manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan. Sebenarnya bukan hanya Jimny, kode mesin yang sama juga bisa dijumpai pada Ertiga dan Baleno Hatchback. Walau demikian, jika dibandingkan Jimny 3 Pintu, mesin Jimny 5 Pintu ada sedikit perbedaan pada pengaturannya. Menurut informasi, Suzuki melakukan pengaturan ulang pada rasio gir Jimny 5 Pintu untuk mengakomodir perubahan bobot mobil ini.

  • Jenis Mesin K15B
  • Kapasitas Mesin 1.462 cc
  • Tenaga Maksimum 100,5 hp @ 6.000 rpm
  • Torsi Maksimum 130 Nm @ 4.000 rpm
  • Transmisi MT 5 Speed atau AT 4 Speed

Fitur-Fitur Suzuki Jimny 5 Pintu (Foto: Suzuki)

Salah satu fitur yang wajib diketahui dari Jimny 5 Pintu ataupun 3 Pintu ialah keberadaan AllGrip Pro sebagai sistem penggerak rodanya. Fitur ini memberikan 3 pilihan sistem penggerak roda yang dapat dipilih sesuai kebutuhan atau medan jalan yang dilewati. Opsi tersebut terdiri dari 2H yang dapat digunakan pada kecepatan normal di jalanan aspal. Kemudian tersedia opsi 4H untuk melewati jalanan off road ringan. Terakhir opsi 4L yang dapat dipilih ketika melewati medan off road lebih berat lagi. Kerja AllGrip Pro didampingi beberapa fitur keselamatan lainnya, seperti Brake Slip Limited Differential Traction Control, Electronic Stability Programme, Hill Descent Control, dan Hill Hold Assist. Tak ketinggalan, mobil ini juga memiliki rear view camera dan empat spot sensor parkir.

Kesimpulan Spesifikasi Suzuki Jimny 5 Pintu

Demikian ulasan tentang spesifikasi Jimny 5 Pintu yang baru-baru ini resmi meluncur di Indonesia. Mobil tersebut menjadi bagian dari Jimny generasi keempat, tapi dengan nilai kepraktisan yang lebih baik. Jimny 5 Pintu memiliki dimensi bodi dan wheelbase yang lebih panjang dibandingkan dengan Jimny 3 Pintu. Meski begitu Jimny 5 Pintu tetap menawarkan kemampuan off road yang baik dengan sistem penggerak 4 roda AllGrip Pro. Sementara itu sektor performa Jimny 5 Pintu dilengkapi dengan mesin K15B yang terkenal irit bahan bakar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *