Hosting Murah
Hosting Murah

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid, MPV Langka dengan Konsumsi BBM yang Efisien

Dalam ulasan ini, ZukuNftNarrative akan membahas kelebihan dan kekurangan Suzuki Ertiga diesel yang pernah dipasarkan di Indonesia. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pertama kali memasarkan Ertiga bermesin diesel pada 7 Februari 2017. Pada saat itu mobil ini dipasarkan dengan harga Rp219,5 juta on the road Jabodetabek.

Tentang Suzuki Ertiga Diesel Hybrid
Ertiga diesel merupakan salah satu varian dari Multi Purpose Vehicle (MPV) Ertiga yang pernah dipasarkan di Indonesia. Varian ini hadir tahun 2017 melengkapi varian-varian mesin bensin yang sudah lebih dulu meluncur sejak 2012, yaitu Ertiga GX, Ertiga GL, Ertiga GA, dan Ertiga Dreza (2016). Pada saat pertama kali meluncur di Indonesia mobil ini diperkenalkan dengan nama New Ertiga Hybrid Diesel. Iya, terdapat selipan “hybrid” pada nama mobil ini karena turut dilengkapi dengan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Namun, sistem mild hybrid SHVS pada Ertiga diesel memiliki sedikit perbedaan dengan yang digunakan Ertiga pada tahun 2023 ini.

Sistem yang terdahulu tidak dilengkapi baterai lithium seperti yang digunakan saat ini. Namun, kiprah mobil yang diimpor dari India itu tidak berlangsung lama sebab mulai 2018 penjualannya sudah mulai berhenti secara bertahap.

Harga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid
Berdasarkan catatan, pada saat pertama kali diluncurkan di Indonesia, Ertiga dijual dengan harga Rp219,5 juta on the road Jabodetabek. Untuk saat ini tentunya konsumen sudah tidak bisa lagi menemukan mobil ini dijual di diler mobil baru Suzuki. Walau begitu, peredarannya masih terlihat di bursa jual beli mobil bekas seperti yang terdapat pada situs web ZukuNftNarrative. Ertiga diesel bekas pada tahun 2023 ini terpantau dijual dijual dalam rentang harga Rp130 jutaan sampai Rp140 jutaan. Harganya sudah barang tentu tergantung dari kondisi mobilnya.

Mesti diakui keberadaan mobil ini di pasar otomotif Indonesia tergolong unik sebab menjadi opsi Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) yang dilengkapi mesin diesel. Tidak banyak mobil seperti itu di pasar otomotif Indonesia. Opsi lainnya ialah Chevrolet Spin yang juga pernah dijual dalam versi diesel di Indonesia sejak tahun 2013.

Kelebihan & Kekurangan Mobil Suzuki Ertiga Diesel Hybrid
Setelah melihat sekilas tentang sejarah dan harganya, selanjutnya mari simak ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Ertiga diesel. Pada saat ini mobil tersebut masih menjadi incaran banyak orang yang menginginkan MPV diesel dengan harga terjangkau.

– Konsumsi Bahan Bakar Irit: Konsumsi bahan bakar yang irit boleh dibilang merupakan daya jual Ertiga sejak dulu. Hal ini pun berlaku untuk model Ertiga diesel yang diklaim memiliki konsumsi bahan bakar rata-rata 22,6 kilometer per liter. Angka tersebut merupakan data yang dirilis Suzuki berdasarkan tes jalan yang dilakukan oleh BT2MP-BPPT pada Januari 2017. Menurut Suzuki, keberadaan sistem SHVS turut berperan dalam menekan konsumsi bahan bakar mobil ini.
– Dilengkapi Fitur Headlamp Leveling: Ertiga diesel memiliki fitur headlamp leveling untuk mengatur sorotan lampu depan mobil ini. Tombol pengaturannya berada di sebelah kanan bawah dasbor. Fitur ini menjadi salah satu kelebihan Ertiga diesel dibandingkan Ertiga bensin yang segenerasi.
– Sudah Dilengkapi Rear Defogger: Kemudian Ertiga diesel juga sudah dilengkapi fitur defogger guna menghalau munculnya kabut di kaca belakang. Dengan begitu visibilitas pengemudi ke arah belakang tetap terjaga ketika berkendara pada kondisi hujan.
– Memiliki Sensor Parkir 4 Titik: Mobil ini juga dilengkapi dengan sensor parkir empat titik yang berguna untuk membantu pengemudi memarkir kendaraannya dengan lebih mudah.
– Terdapat Gear Shift Indicator: Adanya gear shift indicator berfungsi sebagai panduan bagi pengendara untuk mengoper gigi pada putaran mesin yang tepat. Salah satu tujuannya untuk menjaga tingkat konsumsi bahan bakar tetap irit.
– AC Bermasalah: Salah satu hal yang banyak dikeluhkan pemilik Ertiga diesel ialah performa AC mobil ini kurang prima. Bukannya kurang dingin, melainkan tidak adanya thermostat sehingga kompresor terus bekerja. Selain itu, evaporator belakang disebut-sebut gampang membeku dan berjamur.
– Hanya Ada Pilihan Transmisi Manual: Kekurangan lain dari mobil Ertiga diesel ialah konsumen tidak memiliki pilihan varian dengan transmisi otomatis. Ertiga diesel yang dijual di Indonesia hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual 5 percepatan.

Spesifikasi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid
Berikutnya mari simak informasi lebih rinci mengenai spesifikasi mobil ini melalui tabel berikut.

Kesimpulan
Demikian ulasan tentang Ertiga diesel yang bisa menjadi pilihan MPV murah bermesin diesel. Mobil tersebut masih bisa ditemui di bursa mobil bekas dengan kisaran harga jual Rp130 jutaan sampai Rp140 jutaan. Sebelum memutuskan untuk membelinya, calon konsumen sebaiknya mengetahui dulu beberapa kelebihan dan kekurangannya. Hal tersebut di antaranya konsumsi bahan bakar yang irit dan adanya fitur-fitur tertentu milik mobil ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *