Ingin Membeli Suzuki Karimun? Periksa Pajak Lengkapnya sejak Tahun Produksi Awal

Pajak Suzuki Karimun

Mari ketahui pajak mobil Suzuki Karimun dari berbagai tahun pembuatan yang pernah dipasarkan di Indonesia. Mobil ini pertama kali meluncur pada akhir era 1990-an sebagai pilihan city car bagi konsumen.

Nama Karimun sudah tidak asing lagi bagi konsumen otomotif di Indonesia. Karimun adalah city car yang dipasarkan oleh Suzuki sejak tahun 1998. Karimun pertama yang dijual di Indonesia merupakan buatan Jepang alias Completely Built Up (CBU). Pada September 1999, Suzuki mulai melakukan perakitan Karimun secara lokal di Tambun, Bekasi.

Selama dipasarkan di Indonesia, Karimun telah mengalami beberapa perubahan generasi. Generasi pertama disebut Karimun Kotak. Generasi kedua adalah Karimun Estilo yang menggunakan basis Maruti Wagon R dari India. Generasi ketiga adalah Suzuki Karimun Wagon R yang diluncurkan pada tahun 2013.

Berikut ini adalah rangkuman pajak Suzuki Karimun dari berbagai tahun pembuatan, mulai dari 1998 sampai 2022. Angka dalam kolom “PKB Per Tahun” merupakan perkiraan besarnya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) berdasarkan perhitungan pajak kendaraan bermotor untuk kepemilikan pertama yang berlaku di Jakarta. Angka tersebut didapatkan dari rumus perhitungan pajak kendaraan bermotor yang menggunakan bobot koefisien (minibus 1,050) dan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dari situs web Samsat DKI.

Perlu diperhatikan bahwa besarnya angka PKB per tahun dapat berbeda karena pembulatan. Selain itu, angka PKB per tahun belum termasuk biaya Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) sebesar Rp143 ribu per tahun untuk mobil sekelas Karimun.

Demikianlah informasi mengenai pajak mobil Suzuki Karimun yang pernah dipasarkan di Indonesia sejak tahun 1998. Besarnya pajak mobil ini berbeda-beda antara satu tahun pembuatan dengan yang lainnya.

Exit mobile version