Hosting Murah
Hosting Murah

Harga dan Model Mobil Klasik yang Terjangkau

Mobil klasik dengan harga terjangkau di Indonesia memiliki beberapa model yang beragam. Meskipun demikian, tidak banyak orang yang tertarik untuk memiliki mobil klasik karena dianggap memiliki biaya perawatan yang tinggi. Sebelum membahas lebih lanjut tentang mobil klasik dengan harga terjangkau yang direkomendasikan untuk dibeli, penting untuk mengenali kategorinya terlebih dahulu.

Menurut Perhimpunan Penggemar Mobil Klasik Indonesia (PPMKI), tidak semua mobil tua dapat dikategorikan sebagai mobil klasik. Ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang kategori mobil yang layak disebut sebagai klasik. Menurut Em Samudra, mantan Sekretaris Jenderal PPMKI, mobil yang dapat dikategorikan sebagai klasik adalah mobil tua yang memiliki jumlah produksi terbatas atau memiliki status mewah. Sebagai contoh, Morris Mini dulunya adalah mobil biasa namun karena kini langka dan banyak dicari, maka nilainya meningkat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata “klasik” merujuk pada sesuatu yang memiliki nilai atau mutu dan menjadi tolok ukur kesempurnaan yang abadi. Umumnya, mobil tua yang layak disebut klasik diproduksi sebelum tahun 1975. Kategori lain adalah mobil retro untuk mobil yang diproduksi pada era 1980-an dan young timer untuk mobil yang diproduksi pada era 1990-an.

Beberapa merek mobil klasik dan retro yang termasuk dalam kategori tersebut menurut PPMKI antara lain Chrysler, Ford, Cadillac, Mini, Morris, Volkswagen, Jeep, Holden, Buick, Chevrolet, dan lain-lain. Harga mobil klasik yang dianggap terjangkau di Indonesia bervariasi. Contohnya, Chevrolet Impala 1962 dibanderol sekitar Rp280 juta, Opel Olympia 1951 sekitar Rp220 juta, Chevrolet Apache 1956 sekitar Rp800 juta, Volkswagen Beetle 1961 sekitar Rp125 juta, dan Volkswagen Karmann Ghia 1966 sekitar Rp650 juta.

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil klasik, penting untuk mempertimbangkan beberapa hal. Siapkan dana perbaikan yang cukup karena suku cadang mobil tua bisa sulit ditemukan dan mahal. Perhatikan pula kondisi karat pada bodi mobil tua dan kesulitan dalam mencari aksesori orisinil. Memiliki mobil klasik memang memerlukan perawatan ekstra dan dana yang cukup untuk perbaikan jika diperlukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *