Hosting Murah
Hosting Murah

Berkembangnya Model Mobil Listrik di Indonesia pada Tahun 2023

Mobil listrik semakin banyak beredar di pasar otomotif Indonesia sepanjang tahun 2023. Ada berbagai merek mobil listrik yang hadir di Tanah Air, mulai dari jenis Hybrid Electric Vehicle (HEV) hingga Battery Electric Vehicle (BEV). Pemerintah juga mendorong penggunaan kendaraan listrik, dengan target produksi kendaraan listrik di Indonesia mencapai 600 ribu unit untuk mobil roda empat dan 2,45 juta unit untuk mobil roda dua pada tahun 2030. Beberapa merek otomotif asal Jepang, seperti Toyota, Honda, dan Mitsubishi, juga telah menyatakan komitmen mereka untuk berinvestasi dalam pengembangan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa mobil listrik yang diluncurkan sepanjang tahun 2023:

1. Esemka Bima EV: Mobil ini merupakan hasil kolaborasi antara Esemka dan merek luar negeri. Diluncurkan sebagai mobil niaga BEV, Esemka Bima EV tersedia dalam dua varian, yaitu Cargo Van dan Passenger Van. Harga varian Cargo Van sekitar Rp530 juta, sedangkan varian Passenger Van sekitar Rp540 juta.

2. Mercedes-Benz New EQA dan EQB: PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia meluncurkan dua mobil full electric SUV, yaitu New EQA dan EQB. New EQA dilengkapi baterai Lithium-ion dengan kapasitas 66,5 kWh dan dapat menempuh jarak hingga 486 km. Sementara itu, New EQB dibekali baterai Lithium-ion dengan kapasitas 66,5 kWh dan dapat menempuh jarak hingga 448 km.

3. Hyundai Ioniq 6: Hyundai Ioniq 6 merupakan sedan lima pintu yang diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Mobil ini memiliki jarak tempuh hingga 519 km dan baterai berkapasitas 77,4 kWh.

4. Wuling Air EV Lite: Mobil ini diluncurkan dengan harga yang lebih kompetitif. Dibekali baterai Lithium-Ferro Phosphate berkapasitas 18 kWh, Wuling Air EV Lite memiliki daya jelajah hingga 200 km dalam sekali pengecasan.

5. Seres E1: Mobil ini tersedia dalam dua pilihan varian, yaitu E1 Type B dengan harga sekitar Rp189 juta dan E1 Type L dengan harga sekitar Rp219 juta. Seres E1 dilengkapi dengan baterai Lithium Iron Phosphate, dengan jarak tempuh maksimal 180 km untuk Type B dan 220 km untuk Type L.

6. Volvo C40 Pure Electric: Volvo Cars menghadirkan mobil listrik C40 Pure Electric dengan harga sekitar Rp1,36 miliar. Mobil ini memiliki daya tempuh maksimal 420 km dan dirancang sebagai mobil listrik murni.

7. Mercedes-Benz EQS SUV dan EQS Edition One: MBDI meluncurkan dua mobil full electric, yaitu EQS SUV dan EQS Edition One. Kedua mobil ini dibanderol dengan harga mencapai Rp3 miliaran.

8. Maxus Mifa 9: Maxus Mifa 9 adalah mobil full electric yang ditawarkan dengan harga sekitar Rp1,425 miliar. Mobil ini memiliki baterai Li-ion 90 kWh dan jarak tempuh hingga 540 km.

9. Kia EV6 GT dan EV9 GT-Line: PT Kreta Indo Artha (KIA) meluncurkan dua mobil listrik, yaitu Kia EV9 GT-Line dan Kia EV6 GT. Harga Kia EV9 GT-Line sekitar Rp1,975 miliar, sedangkan Kia EV6 GT sekitar Rp1,699 juta.

10. Citroen New E-C3: Mobil listrik hatchback ini dilengkapi baterai berkapasitas 29,2 kWh dan dapat menempuh jarak hingga 320 km. Citroen E-C3 dibanderol sekitar Rp395 juta.

11. Hyundai Ioniq 5 Bluelink: Hyundai Ioniq 5 dilengkapi dengan teknologi Bluelink. Mobil ini memiliki baterai berkapasitas 77,4 kWh dan dapat menempuh jarak hingga 481 km.

Dengan semakin banyaknya pilihan mobil listrik di Indonesia, diharapkan penggunaan kendaraan ramah lingkungan dapat semakin meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *