Hosting Murah
Hosting Murah

Apakah Suzuki Fronx dengan Spesifikasi dan Harga yang Tinggi akan Membuat Raize-Rocky dan WR-V Gelisah?

Suzuki Fronx

Suzuki Fronx, sebuah crossover baru yang diproduksi oleh Maruti Suzuki, resmi diluncurkan di pasar otomotif India pada April 2023. Mobil ini sebelumnya telah diperkenalkan dalam acara Auto Expo India pada Januari. Meskipun mobil ini sudah ada selama 1 tahun, belum ada kepastian apakah mobil ini akan masuk ke pasar Indonesia atau tidak.

Suzuki Fronx merupakan crossover yang dibangun berdasarkan basis Baleno. Banyak media otomotif di India yang menyebut Fronx sebagai versi SUV atau crossover dari Baleno. Mengingat Suzuki sering mengimpor model dari India ke Indonesia, kemungkinan besar Fronx juga akan dibawa ke Tanah Air.

Suzuki Fronx hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu mesin 1.0 liter turbo dan mesin 1.2 liter tanpa turbo. Mesin 1.0 liter 3 silinder dilengkapi dengan teknologi Boosterjet (mild hybrid) yang mampu menghasilkan tenaga 99 Hp pada 5.500 rpm dan torsi puncak 147,6 Nm pada 2.000-4.500 rpm. Mesin ini tersedia dalam transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 6 percepatan. Mesin 1.0 liter ini memiliki konsumsi bahan bakar yang efisien, yaitu 21,5 km per liter untuk transmisi manual dan 20,02 km per liter untuk transmisi otomatis.

Sementara itu, mesin 1.2 liter Fronx memiliki kapasitas 1.197 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 89 Hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 113 Nm pada 4.400 rpm. Mesin ini juga dilengkapi dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan Auto Gear Shift (AGS) 5 percepatan. Mesin 1.2 liter ini memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih irit, yaitu 21,8 km per liter untuk transmisi manual dan 22,89 km per liter untuk transmisi AGS.

Secara eksterior, Suzuki Fronx memiliki desain yang terinspirasi dari Suzuki Grand Vitara dan Baleno. Gril depan Fronx mengusung desain jaring seperti Grand Vitara, dengan tambahan aksen krom DRL LED dan bumper yang besar. Roof rail Fronx belum diketahui apakah berfungsi atau hanya aksesori. Dimensi Fronx lebih kecil dibandingkan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, dengan panjang 3.995 mm, lebar 1.765 mm, dan tinggi 1.550 mm.

Interior Suzuki Fronx didesain dengan dasbor yang diambil dari Baleno, namun dengan sentuhan aksen perak dan kombinasi dual tone merah dan hitam pada jok dan panel pintu. Head unit Fronx berukuran 9 inci dilengkapi dengan sistem SmartPlay dan kompatibel dengan Android Auto dan Apple CarPlay. Fronx memiliki konfigurasi 5 penumpang dan kabin yang lebih sempit dibandingkan dengan kompetitornya. Volume bagasi Fronx hanya 308 liter.

Fronx dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti 6 titik airbag, Hill Hold Control, ABS EBD, ISOFIX, Suzuki Tect Body, Electronic Stability Program (ESP), sensor parkir mundur, dan kamera parkir 360 derajat. Fitur keselamatan aktif seperti yang ada pada Raize-Rocky belum tersedia pada Fronx. Fronx juga dilengkapi dengan konektivitas smartwatch melalui aplikasi Suzuki Connect.

Di India, harga Suzuki Fronx berkisar antara 746.500 Lakh (sekitar Rp134 juta) untuk varian terendah dan 1,205 jutaan Lakh (sekitar Rp217 juta) untuk varian tertinggi. Harga tersebut kemungkinan akan berbeda jika Suzuki memutuskan untuk menjual Fronx di Indonesia. Prediksi harga Fronx di Indonesia adalah sekitar Rp230-270 juta.

Meskipun belum ada kepastian apakah Suzuki Fronx akan dijual di Indonesia, mobil ini menarik untuk diperhatikan dengan mesin yang sama dengan kompetitornya dan tingkat efisiensi bahan bakar yang baik. Namun, fitur keselamatan aktif pada Fronx masih kurang lengkap dibandingkan dengan pesaingnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *