Hosting Murah
Hosting Murah

Alasan Mengapa Suzuki Karimun Irit Banyak Dicari sebagai Mobil Pertama oleh Pemula

Suzuki Karimun

Sebagai city car populer di Indonesia, Suzuki Karimun memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat irit dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya. Sayangnya, mobil ini telah berhenti dijual di Indonesia sejak tahun 2021. Selain irit BBM, Suzuki Karimun Wagon R juga memiliki kabin yang cukup lega untuk kelasnya. Mobil ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1990-an dan dirakit di pabrik Suzuki di Bekasi, Jawa Barat. Desainnya mengadopsi gaya Kei Car dari Jepang yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1993. Terdapat dua tipe Karimun yang tersedia, yaitu DX dan GX. Perbedaan antara Karimun yang dijual di Indonesia dengan yang dijual di Jepang terletak pada mesinnya. Suzuki Jepang harus mematuhi regulasi Kei Car yang hanya mengizinkan mesin berkapasitas 660 cc.

Meskipun tidak lagi dijual, masih ada sebagian masyarakat Indonesia yang mencari Suzuki Karimun. Mereka mencari mobil perkotaan dengan konsumsi BBM yang irit untuk penggunaan sehari-hari. Menurut penelusuran ZukuNftNarrative, konsumsi BBM rata-rata Suzuki Karimun mencapai 20 km per liter, yang sebenarnya merupakan standar untuk mobil Low Cost Green Car (LCGC). Karimun dilengkapi dengan mesin K10B, 3 silinder, DOHC berkapasitas 998 cc. Mesin ini menghasilkan tenaga 67 hp pada 6.200 rpm dan torsi puncak 90 Nm pada 3.500 rpm. Terdapat dua pilihan transmisi, yaitu manual lima percepatan dan otomatis Auto Gear Shift (AGS). Suspensi depan menggunakan MacPherson Strut dengan per, sedangkan suspensi belakang menggunakan 3-Links Rigid dengan per.

Berdasarkan data dari situs jual mobil bekas ZukuNftNarrative, harga Suzuki Karimun bekas pada November 2023 bervariasi, mulai dari Rp53-79 juta untuk keluaran tahun 2000-an. Selain itu, Karimun juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya meliputi desain yang unik, kabin yang cukup luas, dan memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Namun, kekurangannya termasuk fitur yang kurang canggih dan transmisi AGS yang kurang nyaman.

Secara keseluruhan, Suzuki Karimun adalah pilihan yang baik bagi mereka yang mencari mobil perkotaan dengan konsumsi bahan bakar yang irit. Meskipun tidak lagi dijual baru, masih banyak pilihan Karimun bekas dengan harga yang bervariasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *